Organisasi adalah suatu unit social yang
dikoordinasikan secara sengaja,terdiri dari dua orang atau lebih yangberfungsi
pada suatu basis yang relative bersinambung untuk mencapai tujuan atau serangkaian tujuan.
ORGANISASI
1.
HAKEKAT ORGANISASI
2.
PERKEMBANGANTEORI ORGANISASI
3.
MEMAHAMI PERILAKUORGANISASI
4.
KONSEP DASARPERILAKU ORGANISASI
HAKEKAT
ORGANISASI
Pengertian Organisasi
•
Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi dua
kelompok , yaitu
1. Dalam arti statis,
berarti melihatorganisasi sebagai sesuatu yang tidak bergerak /sama halnya
melihat organisasi
seperti yang tergambar dalam
bagan (organogram) yang beraneka
ragam.
2. Dalam arti dinamis,
berarti memandang organisasi
sebagai organ yang hidup, artinya
tidak hanya melihat dari segi bentuk
dan wujudnya, tetapi juga dari segi
isi organisasi tersebut.
Organisasi Dalam Arti Statis
•
pandangan organisasi dalam arti
statis antara lain :
•
Organisasi dipandang sebagai wadah atau sebagai alat (tool)
•
Organisasi dipandang sebagai jaringan
dari hubungan kerja yangbersifat formal
· Organisasi dipandang sebagai saluran hirarki kedudukan yang ada
dan menggambarkan secara jelas tentang garis wewenang .
• Jadi arti statis adalah Wadah kegiatan administrasi dengan gambaran
yang jelas
tentang hirarki kedudukan atau wewenang
dari suatu kelompok .
Organisasi Dalam Arti Dinamis
• Pandangan
tentang organisasi dalam arti dinamis, sebagai
berikut :
–
Berarti organisasi tersebut selalu bergerak mengadakan pembagian tugas
sesuai dengansistem yang telah ditentukan dan sesuai polaorganisasi tersebut.
–
Memandang organisasi itu dari segi isinya, yaitusekelompok orang yang melakukan
kerja samauntuk mencapai tujuan bersama..
–
Kemungkinan organisasi itu akan mati, hal inimerupakan tantangan yang harus
diatasi.
Organisasi Sebagai Sistem Kerjasama
Sistem adalah suatu keseluruhan dari berbagai unsur
ataufaktor tertentu yang dipadukan oleh suatu asas tatatertib tertentu sehingga
menjadi suatu kebulatan yang
utuh. adalah suatu sistem
mengenai pekerjaan yang dirumuskan
denga baik, dan masing masing pekerjaanmengandung wewenang, tugas, dan tanggung
jawab tertentu yang
memungkinkan orang dari suatu organisasi
dapat bekerjasama secara efektif dalam usaha
mencapai tujuan bersama.
–
Adalah suatu sistem penugasan pekerjaan
kepadaorang-orang yang mengadakan kerjasama yang mengkhususkan diri dalam suatu bidang tertentu
darisuatu tugas bersama– Adalah suatu sistem daripada aktivitas kerjasama dari sekelompok orang yang mengadakan kerjasama
untukmencapai tujuan .
–
Adalah suatu sistem yang terencana
daripada usaha kerjasama dengan memberikan peran kepada setiap orang untuk dijalankan, wewenang, tugas, dan tanggung jawab
untuk dilaksanakan.
Organisasi sebagai suatu sistemtata hubungan kerja
• Tata
hubungan kerja adalah hubungan yang dilakukan oleh orang yang berada didalam suatu situasi
kelompok untuk mengadakan
kerjasama dalam usaha mencapai
tujuan bersama.
• Yang
dimaksud situasi kelompok adalah suatu kelompok yang anggotanya dapat mengadakan interaksi dalam
waktu yang sama
sehingga terjalin suatu hubungan yang
sangat erat.
– JADI
sistem tata-hubungan kerja yang sangat rumit tetapi sistematis sehingga dapat menimbulkan suatu bentuk kerjasama yang baik dan
serasi diantarapara anggota, antar unit satuan kerjayang ada untuk mencapai
tujuan.
Organisasi sebagai proses pembagian tugas
•
Dengan demikian pengertian dengan berbagai caraadalah :
1.
Adalah suatu proses menetapkan,mengelompokkan jenis pekerjaan yang akan
dilakukan dan merumuskan suatu pelimpahan wewenang serta tanggung
jawab yang memungkinkan orang orang yang diserahi
tugasitu dapat bekerjasama secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan.
2.
Adalah proses kegiatan menghimpun secara teraturatas bagian yang saling bergantung
sehingga merupakan
suatu kesatuan yang bulat dalam usaha mencapai tujuan.
3.
Adalah proses pembagian tugas serta mengaturdan menentukan bagian-bagian atau
orang yang diserahi
tugas untuk memikul tanggung jawab dari suatu bentuk usaha
4.
Adalah suatu proses kegiatan menyusun ,pengembangkan, memelihara pola hubungan
kerjadari bagian atau orang yang ada dalam suatu usaha.
5.
Organizing berasal dari kata organize yang berartimenciptakan struktur dengan
bagian bagian yang diintregrasikan
sedemikian rupa, sehingga hubungannya satu sama lain terkait oleh hubungan terhadap
keseluruhan.
Organisasi menurut beberapa
para ahli
1. Louis A Allen
organisasi
adalah : sebagai suatu proses penentuan dan pengelompokan pekerjaan yang
akan dikerjakan, menetapkan
dan melimpahkan wewenang dan tanggung jawab, dengan maksud untuk memungkinkan orang
orang bekerja
sama secara efektif dalam mencapai tujuan
2. Drs M Manulang
organisasi
dalam arti dinamis adalah suatu proses penetapan dan pembagian pekerjaan yang akan
dilakukan, pembatasan
tugas-tugas atau tanggung jawab serta wewenang dan penetapan hubungan-hubungan
antara unsur-unsur
organisasi, sehingga memungkinkan orang-orang dapat bekerja bersama-sama
seefektif mungkin untuk mencapai
tujuan, Secara singkat organisasi adalah suatu perbuatan diferensiasi
tugas-tugas.
3. Drs H Malayu S.P. Hasibuan
organisasi
adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur, dan
terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.
Organisasi hanya
merupakan alat dan wadah saja.
4. James D Mooney
Organisasi adalah setiap bentuk
perserikatan manusia untuk mencapai
tujuan bersama.
5. 12 Chester I Barnard
organisasi
adalah suatu sistem kerjasama yang terkoordinasi secara sadar dan dilakukan
olehdua orang atau lebih.
6. Koontz & O’Donnel
Organisasia dalah hubungan struktural
yang mengikat dan menyatukan
perusahaan dan kerangka dasar tempat
individu-individu berusaha, dikoordinasi.
7. March & Simon
organisasi
adalah sistem yang komplek yang terdiri dari unsur
psikologis, sosiologis, teknologi, dan ekonomi yang dalam dirinya sendiri membutuhkan penyelidikan
yang intensif.
8. S Pradjudi Atmosudiro
Organisasi adalah struktur tata
pembagian kerjadan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang
posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai suatu tujuan
tertentu.
Tujuan Organisasi
merupakan
pernyataan tentang
keadaan atau situasi yang tidak terdapat
sekarang tetapi dimaksudkan untuk
dicapai diwaktu yang akan dating melalui kegiatan kegiatan organisasi dan setiap aktifitas organisasi
mengacu pada tujuan
organisasi.
Penentuan
tujuan organisasi memegang peranan
yang sangat penting dalam sebuah
organisasi , peran tersebut adalah sebagai penentu arah organisasi .
Organisasi Sebagai Alat Untuk Mencapai Tujuan
Organisasi
sebagai alat untuk mencapai tujuan adalah alat untuk meringankan,
mengefektifkan, mengefisiensikan,
mengoptimalkan pencapaian tujuan yang
hendak dicapai dengan cara kerja bersama sama.
Dengan
demikian tujuan yang tidak dapat dicapai secara individu, melalui organisasi
tujuan tersebut kemungkinan besar
dapat tercapai.
Organisasi
dapat menjadi alat yang efektif untuk mencapai tujuan , sekaligus juga
dapat menjadi kendala manakala orang-orang
yang terlibat didalamnya tidak tahu menahu tentang organisasi.
PERKEMBANGAN
TEORI ORGANISASI
1. Teori Organisasi Klasik
–
Teori Birokrasi
–
Teori Administrasi
–
Teori Manajemen Ilmiah
2.
Teori
Organisasi Neoklasik
3.
Teori
Organisasi Moderen
TEORI ORGANISASI KLASIK
•
Organisasi secara umum digambarkan oleh para ahli klasik sebagai sangat
tersentralistik, dan tugas-tugasnya
terspesialisasi.
•
Para teoritis klasik menekankan pentingnya rantai perintah dan penggunaan
disiplin, aturan, sertasupervisi ketat untuk mengubah organisasi agar berperasi dengan lebih
efisien.
•
Teori ini memberikan petunjuk mekanistik, struktur yang kaku, dan
bukan kreatifitas, teori ini berkembang
sekitar tahun 1900 sampai dengan tahun
1950, dan dibagi menjadi tiga aliran :
1.
Teori Birokrasi
2.
Teori Administrasi
3.
Manajemen Ilmiah
a. TEORI BIROKRASI
•
Teori ini pertama kali diperkenalkan MAXWEBER dalam bukunya The Protestant
Ethic and Spirit
Of Capitalism
•
Weber mengemukakan karateristik birokrasisebagai berikut :
1.
Pembagian kerja yang jelas
2.
Hirarki wewenang
3.
Program yang rasional dalam mencapai tujuan
4.
Sistem prosedur bagi penanganan situasi kerja
5.
Sistem aturan yang mencakup hak hak dan kewajiban posisi para
pemegang saham
6.
Hubungan antar pribadi yang bersifat impersonal
• Jadi birokrasi adalah sebuah model
organisasi normatif
yang menekankan struktur dalam organisasi
b. TEORIADMINISTRASI
•
Teori ini dikembangkan oleh Hnry Fayol diPrancis pada tahun 1916, dengan
bukunya yang terkenal
:“ ADMINISTRATION INDUSTRIELLE ET GENERALE“,
•
Ada 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar teori administrasi , antara
lain adalah :
1.
Pembagian kerja
2.
Wewenang dan Tanggung Jawab
3.
Disiplin
4.
Kesatuan Perintah,
5.
Kesatuan Pengarahan
6.
Mendahulukan Kepentingan Umum
7.
Balas Jasa
8.
Sentralisasi
9.
Rantai Skalar
10.
Aturan
11.
Keadilan
12.
Kelanggengan Personalia
13.
Inisiatif
14.
Semangat Korp
c. TEORI MANAJEMENILMIAH
• Teori
ini berkembang pada tahun 1990 atas ide Frederick Winslow Taylor.
Taylor
mencoba mengembangkan metode kerjayang lebih efisien dengan mengadakan pendekatan ilmiah terhadap
masalah manajemen.
• Sebagai hasilnya Taylor mengemukakan empat kaidah dasar manajemen yang harus dilaksanakan oleh organisasi yaitu :
1. Menggantikan metode kerja daam praktek dengan berbagai metode yang dikembangkan atas dasar ilmu pengetahuan tentang kerjayang ilmiah
dan benar.
2. Mengadakan seleksi, latihan, dan pengembangan para karyawan secara ilmiah
3.Pengembangan karyawan harus diintregasikan, sehingga karyawan memperoleh kesempatan
untuk mencapai tingkat upah yang
tinggi, sementara manajemen dapat
menekan biaya produksi serendah
mungkin.
4. Perlu dikembangkan semangat
dan mental karyawan
melalui pendekatan
TEORI ORGANISASINEO KLASIK
•
Teori ini bukan teori baru, tetapi mengusulkan perubahan pada teori klasik
dengan menitik beratkan
pada perilaku manusia.
•
Anggapan dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis
dan sosial karyawan sebagai
individu maupun sebagai bagian dari kelompok.
•
Teori ini mengemukakan perlunya tiga hal antaralain:
1.
Partisipasi, melibatkan setiap individu dalamproses pengambilan keputusan
2.
Perluasan Kerja, sebagai kebalikan dari polaspesialisasi
3.
Menejemen bottom-up, yang memberikan kesempatan kepada para junior untuk berpartisipasi
TEORI ORGANISASIMODERN
•
Teori modern mengemukakan bahwa organisasi
bukanlah suatu sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, tetapi adalah suatu
sistem terbuka yang harus menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.
•
Teori ini berkembang sejak tahun 1950 teori ini dalam banyak hal sangat
berbeda dengan teori
klasik
•
Faktor yang membedakan kualitas teoriorganisasi modern dengan teori lainnya adalah dasar konseptual
,ketergantungannya pada data riset empiris, dan diatas semuanya sifat
pemanduan dan pengintegrasiannya.
MEMAHAMI
PERILAKU ORGANISASI
1.
Membandingkan teori organisasi dengan perilaku organisasi
2.
Tujuan memahami perilaku organsiasi
3.
Unsur pokok dalam perilaku organisasi
TEORI
ORGANISASIDAN PERILAKU ORGANISASI
•
Teori organisasi adalah
disiplin ilmu yang mempelajari struktur dan desain organisasi
•
Perilaku organisasi adalah
telaah dan penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang orang
bertindak di dalam organisasi.
•
Teori organisasi memfokuskan
pada pandanga makro, unit unit analisisnya
adalah organisasi itu sendiri,memperhatikan kemampuan organisasi secara
keseluruhan untuk menyesuaikan
diri dan mencapai tujuan yang diinginkan organisasi.
•
Sedangkan perilaku organisasi mengambil pandangan mikro, memberi tekanan
kepada individu dan kelompok kecil.
TUJUAN MEMAHAMI PERILAKUORGANISASI
•
Ada tiga hal terpenting dari tujuan memahami perilaku organisasi, antara lain :
1. Prediksi,
perkiraan dalam kaitannya dengan perilaku organisasi
2. Eksplanasi,
atau penjelasan terhadap berbagai
peristiwa yang terjadi dalam organisasi
3. Pengendalian,
pengendalian atas perilakuyang terjadi dalam organisasi adalah tujuan ketiga dan sebagai kontrol
bagi pengendalian
perilaku individu dan kelompok
dalam organisasi.
UNSUR POKOKDALAM PERILAKU ORGANISASI
1.
Orang, adalah makluk hidup yang berjiwa, berpikiran, dan berperasaan, yang
membuat organisasi untuk mencapai
tujuan, orang membentuk sistem sisial internorganisasi, dan organisasi dibentuk
untuk melayani manusia
bukan sebaliknya.
2.
Struktur, menetukan hubungan resmi orang orang dalam suatu organisasi, dan
harus dihubungkan dengan cara tertentu yang terstruktur agar pekerjaan
organisasi bisa
efektif.
3.
Teknologi, menyediakan sumber daya yang digunakan orang untuk bekerja dan
sumber daya itu mempengaruhi
tugas yang mereka lakukan.
4.
Lingkungan, merupakan bagian dari sistem yang lebih besar yang memuat banyak
unsur dan semua unsure tersebut
saling mempengaruhi dalam suatu hubungan yang rumit.
KONSEP DASAR PERILAKU ORGANISASI
A. Hakekat
Manusia
B. Hakekat
Organisasi
-
Perilaku Organisasi Holistik
A. HAKEKAT MANUSIA
• Dalam kaitannya dengan manusia ada 4 asumsi dasar :
1. Perbedaan Individu,
setiap orang dalam dunia ini berbeda
secara individu, apabila bukan karena perbedaan individu, tentunya dapat diterapkan standart tertentu yang
berlaku untuk semua orang dalam
hal pengelolaan pegawai.
2. Orang seutuhnya,
bukan saja berusaha mengembangkan
pegawai lebih baik, tetapi juga mengembangkan
orang dalam hubungannya dengan pertumbuhan
dan pemenuhan,.
3. Perilaku yang termotivasi,
perilaku memiliki sebab tertentu,
yang berkaitan dengan kebutuhan seseorang
atau konsekuensi yang timbul dari tindakan.
Dalam hal kebutuhan , individu tidak termotivasi oleh hal hal yang dianggap harus
dimiliki, tetapi
oleh hal yang mereka inginkan.
4. Martabat Manusia,
bahwa orang (manusia) perludi bedakan
dari faktor produksi lainnya. Mereka
ingin dihormati
sesuai dengan harkat dan martabat manusia.
B. HAKEKAT ORGANISASI
•
Bahwa organisasi merupakan sistemsosial dan dibentuk atas dasar kepentingan bersama.
•
Sistem sosial, organisasi adalah sistem sosial, konsekwensinya segala aktifitas organisasi
diatur oleh hukum
sosial, dan hukum psikologi.
•
Eksistensi sistem sosial menyiratkan bahwa lingkungan organisasi merupakan sesuatu yang
berubahsecara dinamis, dan bukan seperangkat
hubungan yang statis seperti
tergambar dalam baganorganisasi.
•
Kepentingan bersama, organisasi dibentuk
dan dipertahankan atas dasar
kebersamaan
-
PERILAKU
HOLISTIK
•Perilaku
organisasi holistic menafsirkan hubungan orang – organisasi dalam hubungan seutuhnya, organisasi
seutuhnya, kelompok
seutuhnya, dan sistemsosial secara keseluruhan.
•
Konsep ini mengandung pandangan
menyeluruh tentang orang
orang dalam organisasi untuk
memahami sebanyak mungkin
faktor yangmempengaruhi perilaku mereka.
KEEFEKTIFAN ORGANISASI
1. Pendekatan
untuk mengidentifikasi keefektifan
2.
Tiga macam prespektif keefektifan
3.
Kriteria keefektifan
Pendekatan Untuk MengidentifikasiKeefektifan
1.
Pendekatan pencapaiantujuan
2.
Pendekatan menurut teorisistem
3.
Pendekatan konstituensistrategi
4. Pendekatan
nilai bersaing
5.
Membandingkan keempat pendekatan
•
Keefektifan didifinisikan sebagai sejauh mana
sebuahorganisasi mewujudkan tujuan tujuannya.
•
Keefektifan bisa jugadiartikansebagai penilaian yang kita buatsehubungan dengan
prestasiindividu, kelompok dan organisasi .
1. Pendekatan Pencapaian Tujuan
• Pendekatan ini menyatakan bahwa keefektifan sebuah
organisasi harus dinilai
sehubungan dengan pencapaian
tujuan, ketimbangcaranya, dan yang perlu diperhitungkan adalam bottom
linenya,
• Pendekatan ini mengasumsikan bahwa organisasi adalah kesatuan
yang dibuat dengan
sengaja, rasional, dan mencaritujuan. Oleh karenanya pencapaiantujuan yang
berhasil adalah menjadibuah ukuran yang tepat tentangkeefektifan sebuah
organisasi.
2. Pendekatan Menurut TeoriSistem
•
organisasi adalah suatu kerangka kerjasistem, organisasi memperoleh masukan, melakukan proses
transformasi, dan menghasilkan
keluaran.
•
organisasi harus diukur dengan kemampuannya
untuk memperoleh masukan,
memproses masukan tersebut, menyalurkan
keluaran, dan mempertahankan stabilitas
dan keseimbangan organisasi
•
tujuan akhir diabaikan, namun dipandang sebagai salah satu dari
elemen di dalam kumpulan kriteria yang lebih
komplek.
•
Jadi pendekatan sistem berfokus
bukan padatujuan akhir tertentu, tetapi pada cara yang dibutuhkan untuk pencapaian
tujuan akhir itu.
3. Pendekatan
Konstituensi-Strategis
•
Pendekatan ini mengemukakan bahwa organisasi
dikatakan efektif apabila dapat memenuhi
tuntutan dari konstituen yang terdapat
di dalam lingkungan organisasi tersebut,
yaitu konstituen yang menjadi pendukung
kelanjutan eksistensi organisasi
tersebut.
•
Prinsip pandangan ini sama denganpendekatan sistem, tetapi lebih menekankan kepada pemenuhan
tuntutan dari
hal-hal di dalam lingkungan organisasi
yang dapat mengancam kelangsungan
hidup organisasi.
4. Pendekatan Nilai Bersaing
•
Pendekatan ini menerangkan bahwa kriteria
yang anda nilai dan gunakan dalam
menilai keefektifan organisasi,
bergantung kepada siapa sebenarnya anda dan siapa yang anda wakili.
5. Membandingkan
KeempatPendekatan
Dalam
kondisi yang bagaimana masing-masing pendekatan lebih disukai dari pendekatan yang lain ?
a. Pendekatan pencapaian tujuan,
berguna pada
saat tujuan jelas, dibatasi waktu, dan dapat diukur.
b. Pendekatan sistem,
berguna pada saat ada hubungan
yang jelas antara masukan dan keluaran
c. Pendekatan konstituen
strategis, berguna pada saat konstituen
mempunyai pengaruh yang
kuat terhadap organisasi danorganisasi harus menanggapi tuntutan-tuntutan.
d. Pendekatan nilai bersaing,
dalam organisasiyang tidak jelas apa yang menjadi penekanannya, atau mengenai
minat dalam perubahan
kriteria dalam jagka waktu tertentu.
Tiga Macam Prespektif Keefektifan
•
Keefektifan individu : yang menekankan pelaksanaan tugas pekerja
dari organisasi
•
Keefektifan kelompok : yang terdiri dari gabungan individu-individu,
keefektifan ini
akan terlaksana bila setiap anggota organisasi juga efektif.
•
Keefektifan organisasi : yang
meliputi individu
dan kelompok, dan merupakan
fungsi dari keefektifan individu
dan kelompok.
KREITERIAKEEFEKTIFAN
•
Ukuran jangka Pendek, adalah kriteria untuk menunjukkan hasil
tindakan yang mencakup
waktu satu tahun atau kurang.
•
Ukuran Jangka Menengah, adalah untuk
menunjukkan hasil dari penilaian keefektifan
individu, kelompok maupun organisasi
dalam jangka waktu yang lebih
dari satu tahun sampai dengan lima
tahun.
Situs yang keren, selalu menyediakan beragam informasi
BalasHapussemangat berkarya min, gua izin nitip ya...
http://vedadate.com /